Nikotin pada Rokok Dorong Penyebaran Sel Kanker Paru ke Otak

Jum'at, 12 Juni 2020 - 10:36 WIB
loading...
Nikotin pada Rokok Dorong Penyebaran Sel Kanker Paru ke Otak
Nikotin, yang merupakan zat kimia non-karsinogenik yang ditemukan di dalam tembakau pada rokok, sebenarnya mendorong penyebaran sel kanker paru-paru ke otak. (Indiana Public Media)
A A A
Para peneliti telah menemukan nikotin, zat kimia non-karsinogenik yang ditemukan dalam tembakau, sebenarnya mendorong penyebaran sel kanker paru-paru ke otak. Zat tersebut dapat membentuk tumor metastasis yang mematikan. Menurut para peneliti, perokok jauh lebih mungkin mengembangkan kanker paru-paru daripada bukan perokok.

"Berdasarkan temuan kami, kami tidak berpikir bahwa produk pengganti nikotin adalah cara paling aman bagi orang dengan kanker paru-paru untuk berhenti merokok," kata pemimpin penelitian Kounosuke Watabe dari Wake Forest School of Medicine di AS.

Dilansir dari Times Now News, sekitar 40% pasien kanker paru-paru juga mengembangkan metastasis otak. Namun, penelitian baru menemukan jumlah ini secara dramatis lebih tinggi di antara perokok. Dalam studi yang dipublikasikan dalam Journal of Experimental Medicine, tim peneliti pertama kali memeriksa 281 pasien kanker paru-paru dan menemukan bahwa perokok rokok menunjukkan insiden kanker otak yang secara signifikan lebih tinggi.

Kemudian, dengan menggunakan model tikus, para peneliti menemukan bahwa nikotin meningkatkan metastasis otak dengan melewati sawar darah-otak untuk mengubah microglia—sejenis sel kekebalan di otak—dari menjadi pelindung untuk mendukung pertumbuhan tumor. Tim kemudian mencari obat yang dapat membalikkan efek nikotin dan mengidentifikasi parthenolide, zat alami dalam ramuan obat feverfew, yang memblokir metastasis otak yang diinduksi nikotin pada tikus.

Karena feverfew telah digunakan selama bertahun-tahun dan dianggap aman, para peneliti percaya parthenolide dapat memberikan pendekatan baru untuk melawan metastasis otak, terutama bagi pasien yang merokok atau masih merokok. "Saat ini, satu-satunya pengobatan untuk penyakit yang menghancurkan ini adalah terapi radiasi," kata Watabe.

Watabe menambahkan, bahwa obat kemoterapi tradisional tidak dapat melewati sawar darah-otak, tapi parthenolide dapat dan dengan demikian menjanjikan sebagai pengobatan atau bahkan mungkin cara untuk mencegah metastasis otak.
(alv)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.4379 seconds (0.1#10.140)